Pages

Rabu, 24 Agustus 2011

SEBAB TERJADINYA PERANG DUNIA I


Perang selalu mendatangkan kesedihan dan kerugian di semua bidang kehidupan. Tak sedikit korban akibat perang, di antaranya militer dan pihak sipil dari orang tua sampai anak-anak. Perang terdahsyat pertama kali terjadi pada 1914–1918 yang melibatkan sebagian besar negara-negara Eropa yang disebut Perang Dunia 1.
Bukan hanya terjadi di negara-negara Eropa, Perang Dunia ke-1 menjalar ke negara-negara lain, seperti Jepang, Cina, Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.
Pemicu Perang Dunia 1
1. Terjadi Pertentangan Antara Negara-Negara Eropa
Setelah negara-negara Eropa mengalami perkembangan dan kemajuan kemudian bermaksud menjadikan negara-negara jajahan sebagai sumber bahan baku industri, terjadilah perebutan negara-negara jajahan di Asia, Afrika, dan Amerika, yang mengakibatkan negara yang satu berhadapan dengan negara lain.
Pertentangan antara Inggris dengan Prancis semakin memanas ketika Kaisar Napoleon I Bonaparte berkuasa di Prancis. Perluasan wilayah oleh Bonaparte dianggap merugikan Inggris sebagai negara yang meguasai lautan. Pertentangan Inggris dan Prancis berakhir setelah Jerman menjadi negara kuat di Eropa yang mengalahkan Inggris dan Prancis.
Kemudian, kedua negara tersebut membentuk Entene Cordiale pada 1904 sebagai upaya membendung kekuasaan Jerman. Jerman di mata negara tetangga, khususnya sesama negara industri, tidak hanya dipandang sebagai saingan dalam perdagangan. Wilayah politik Jerman dianggap mengganggu ketertiban dunia.
2. Munculnya Berbagai Persekutuan
Persekutuan antarnegara untuk mendapatkan kekuatan dalam menghadapi negara lain awalnya dilakukan Jerman ketika menghadapi Uni Soviet (Rusia) pada 1978. Drie Bund (Triple Aliance) adalah sebutan untuk persekutuan antara Jerman, Austria, dan Italia. Ketiga negara tersebut berada di kelompok sentral, yaitu yang terletak di pusat Benua Eropa.
3. Terjadinya Perlombaan Senjata
Peperangan antarnegara sentral dengan negara-negara sekutu semakin sengit sehingga mengakibatkan persiapan dengan penyediaan senjata. Keberhasilan Jerman dan Amerika Serikat dalam mensuplai senjata menjadi penting.
4. Pembunuhan Terhadap Putra Mahkota Austria
Rusia mencetuskan gerakan Pan-Slavianisme. Hasilnya mendapat respon positif dari suku-suku bangsa Slav yang sedang berjuang melawan Austria. Juni 1914, putra mahkota bersama istrinya mengadakan kunjungan ke tempat latihan. Pada kesempatan itu, anggota Pan-Slavianisme berhasil membunuh putra mahkota dan istrinya.
Austria menuntut agar pembunuh diserahkan, namun Sriberia yang mendapat perlindungan dari Rusia menolaknya. Pada 28 Juni 1914, Austria menyatakan perang.
Perang Dunia ke-1 menimbulkan perubahan di segala bidang kehidupan,politik, sosial, maupun ekonomi. Di samping itu, mendorong terbentuknya Liga Bangsa Bangsa (LBB) yang didirikan berdasarkan 14 pasal prakarsa perdamaian yang diajukan Presiden Woodrow Wilson pada 1919 yang bertujuan untuk menjadi penengah dalam perundingan-perundingan mengenai pertikaian negara anggotanya. Namun, posisi LBB sangat lemah sehingga tidak berhasil menciptakan kedamaian.

0 komentar:

Poskan Komentar